Perbaiki Mesin, Bukan Orang yang
Ketika orang mengacaukan, kita sering bereaksi dengan marah dan berteriak pada mereka. Kami ingin mengubah cara mereka bertindak. Sebagai Aaron Swartz menggambarkan, menanggapi dengan kemarahan hanya membuat orang lebih menantang. Kuncinya adalah untuk memperbaiki situasi, bukan orang-apakah itu berarti mengubah cara Anda berperilaku, membawa orang lain ke dalam campuran, atau pembenahan rencana keseluruhan.
GM Percobaan
The General Motors pabrik di Fremont adalah bencana. "Semuanya adalah perkelahian," mengakui kepala serikat. "Mereka menghabiskan lebih banyak waktu pada keluhan dan pada hal-hal seperti itu daripada yang mereka lakukan pada memproduksi mobil Mereka memiliki serangan sepanjang waktu.. Itu hanya kekacauan terus-menerus .... Itu dianggap sebagai tenaga kerja terburuk dalam industri otomotif di Amerika Serikat."
"Salah satu ekspresi itu, Anda dapat membeli apa pun yang Anda inginkan di pabrik GM di Fremont," tambah Jeffrey Liker, seorang profesor yang mempelajari tanaman. "Jika Anda ingin berhubungan seks, jika Anda ingin obat, jika Anda ingin alkohol, itu ada waktu istirahat,. Selama waktu makan siang, jika Anda ingin berjudi secara ilegal-kegiatan ilegal yang tersedia untuk bertanya di dalam pabrik itu." Ketidakhadiran sangat buruk sehingga beberapa pagi mereka tidak memiliki karyawan yang cukup untuk memulai jalur perakitan, mereka harus pergi di seberang jalan dan menyeret orang keluar dari bar.
Ketika manajemen mencoba untuk menghukum pekerja, pekerja mencoba untuk menghukum mereka segera kembali: menggaruk mobil, melonggarkan bagian dalam sulit dijangkau, mengajukan keluhan serikat, kadang-kadang bahkan membangun mobil tidak aman. Ini adalah perang.
Pada tahun 1982, GM akhirnya ditutup tanaman. Namun tahun berikutnya, ketika Toyota berencana untuk memulai pabrik pertama di Amerika Serikat, memutuskan untuk bermitra dengan GM untuk membuka kembali itu, mempekerjakan kembali para pekerja yang sama bencana lama ke pekerjaan yang sama. Maka mulai percobaan yang paling menarik dalam sejarah manajemen.
Toyota terbang ini kru gaduh ke Jepang, untuk melihat cara yang sama sekali berbeda bekerja: The Toyota Way. Di Toyota, tenaga kerja dan manajemen menganggap diri mereka di tim yang sama, ketika para pekerja terjebak, manajer tidak berteriak pada mereka, tapi bertanya bagaimana mereka bisa membantu dan diminta saran. Ini adalah sebuah wahyu. "Kau memiliki serikat pekerja-beruban orang tua yang bekerja di lantai pabrik selama 30 tahun, dan mereka memeluk rekan-rekan mereka di Jepang, hanya benar-benar menangis," kenang pelatih mereka Toyota. "Dan itu mungkin terdengar bunga untuk mengatakan 25 tahun kemudian, tetapi mereka telah memiliki pengalaman emosional yang kuat belajar cara kerja baru, dengan cara yang orang benar-benar bisa bekerja sama secara kolaboratif-sebagai sebuah tim."
Tiga bulan setelah mereka kembali ke AS dan dibuka kembali pabrik, segalanya telah berubah.Keluhan dan absensi terjatuh dan pekerja mulai mengatakan mereka benar-benar menikmati datang untuk bekerja. Pabrik Fremont, setelah salah satu yang terburuk di AS, telah meroket menjadi yang terbaik. Mobil-mobil mereka membuat mendapat hampir sempurna peringkat kualitas. Dan biaya untuk membuat mereka turun drastis. Itu bukan pekerja yang masalah, itu adalah sistem 1.
Sebuah organisasi bukan hanya tumpukan orang, itu juga satu set struktur. Ini hampir seperti sebuah mesin yang terbuat dari pria dan wanita. Pikirkan jalur perakitan. Jika Anda hanya mengambil sekelompok orang dan melemparkan mereka di sebuah gudang dengan sekelompok suku cadang mobil dan manual, itu mungkin akan menjadi bencana. Sebaliknya, struktur hati telah dibangun: bagian mobil berguling di atas ban berjalan, setiap pekerja melakukan satu langkah dari proses, semuanya dirancang dengan cermat dan dirutinkan. Memesan dari kekacauan.
Memperbaiki Mesin
Dan ketika sistem tidak bekerja, itu tidak masuk akal untuk hanya berteriak pada orang-orang di dalamnya-lebih dari yang Anda akan mencoba untuk memperbaiki mesin dengan berteriak pada gigi. Benar, kadang-kadang Anda memiliki gigi yang salah dan perlu menggantinya, tetapi lebih sering Anda hanya menggunakan mereka dengan cara yang salah. Ketika ada masalah, Anda tidak perlu marah dengan gigi-Anda harus memperbaiki mesin.
Jika Anda memiliki tujuan dalam hidup, Anda mungkin akan memerlukan beberapa jenis organisasi. Bahkan jika itu hanya sebuah organisasi Anda, itu masih bermanfaat untuk menganggapnya sebagai semacam mesin. Anda tidak perlu melakukan setiap bagian dari proses sendiri-Anda hanya perlu mengatur mesin sehingga hasil yang tepat terjadi.
Sebagai contoh, katakanlah Anda ingin membangun sebuah rumah pohon di halaman belakang. Kau besar di menggergaji dan memalu, tetapi arsitektur tidak forte Anda. Anda membangun dan membangun, tetapi treehouses terus jatuh ke bawah. Tentu, Anda dapat mencoba untuk mendapatkan yang lebih baik pada arsitektur, mengembangkan desain yang lebih baik, tetapi Anda juga dapat melangkah mundur, melihat mesin secara keseluruhan, dan memutuskan untuk memecat diri sebagai arsitek. Sebaliknya, Anda menemukan seorang teman yang mencintai hal semacam itu untuk merancang rumah pohon untuk Anda dan Anda tetap benar-benar membangun itu. Setelah semua, tujuan Anda adalah untuk membangun sebuah rumah pohon yang desain yang Anda inginkan-apakah itu benar-benar peduli apakah Anda orang yang benar-benar dirancang itu? 2
Atau katakanlah Anda benar-benar ingin mendapatkan dalam bentuk, tetapi tidak pernah ingat untuk berolahraga. Anda dapat terus memukuli diri untuk lupa Anda, atau Anda dapat menempatkan sebuah sistem di tempat. Mungkin Anda memiliki teman sekamar Anda memeriksa untuk melihat bahwa Anda berolahraga sebelum Anda meninggalkan rumah Anda di pagi hari atau Anda mengatur waktu yang teratur untuk secara konsisten pergi ke gym bersama-sama. Hidup bukanlah ujian sekolah tinggi, Anda tidak perlu memecahkan masalah Anda sendiri.
Fundamental Attribution Kesalahan
Pada tahun 1967, Edward Jones dan Victor Harris mengumpulkan sekelompok mahasiswa dan meminta mereka untuk menilai ujian siswa lain (siswa adalah karakter fiksi, tapi mari kita memanggilnya Jim). Ujian selalu punya satu pertanyaan, meminta Jim untuk menulis sebuah esai tentang Fidel Castro "seolah-olah [dia] sedang memberikan pidato pembukaan dalam sebuah perdebatan." Tapi apa jenis esai Jim seharusnya untuk menulis bervariasi: beberapa dari mereka diperlukan Jim untuk menulis pertahanan Castro, yang lain diperlukan Jim untuk menulis kritik terhadap Castro, sisanya meninggalkan pilihan hingga Jim. Anak-anak dalam penelitian ini diminta untuk membaca esai Jim dan kemudian ditanya apakah mereka pikir Jim sendiri pro-atau anti-Castro.
Jones dan Harris tidak mengharapkan hasil apapun mengejutkan di sini, tujuan mereka adalah hanya untuk menunjukkan yang sudah jelas: bahwa orang akan menyimpulkan Jim adalah pro-Castro ketika ia secara sukarela memilih menulis ke esai pro-Castro, tetapi tidak ketika ia dipaksa oleh guru. Tapi apa yang mereka temukan mengejutkan mereka: bahkan ketika para siswa dengan mudah dapat melihat pertanyaan yang diperlukan Jim untuk menulis esai pro-Castro, mereka masih dinilai Jim secara signifikan lebih pro-Castro. Rasanya sulit dipercaya."Mungkin beberapa mata pelajaran yang lalai dan tidak mengerti dengan jelas konteksnya," dicurigai mereka.
Jadi mereka mencoba lagi. Kali ini mereka menjelaskan esai ditulis untuk turnamen debat, di mana siswa telah secara acak ditugaskan untuk baik untuk atau terhadap sisi perdebatan.Mereka menulis dalam huruf besar di papan tulis, hanya untuk membuat ini sangat jelas. Tapi sekali lagi mereka mendapat hasil yang sama-bahkan lebih jelas saat ini. Mereka masih tidak bisa percaya. Mungkin, mereka pikir, siswa berpikir argumen Jim begitu menarik dia benar-benar harus percaya mereka bisa datang dengan mereka.
Jadi mereka mencoba waktu-waktu perekaman ini Jim ketiga dalam rekaman bersama dengan eksperimen memberinya argumen untuk digunakan. Tentunya tidak ada yang akan berpikir Jim datang dengan mereka sendiri sekarang. Sekali lagi, hasil mencolok yang sama: siswa dibujuk Jim percaya argumen katanya, bahkan ketika mereka tahu dia tidak punya pilihan dalam membuat mereka 3.
Ini adalah kasus yang ekstrim, tapi kami membuat kesalahan yang sama sepanjang waktu.Kita melihat sebuah mobil diparkir sembarangan-dan kita berpikir "apa pengemudi yang buruk," tidak "dia pasti terburu-buru nyata." Seseorang terus menabrak Anda di konser dan Anda berpikir "apa yang brengsek," bukan "orang miskin, orang harus terus menabrak dirinya."Seorang polisi memukuli pemrotes dan kita berpikir "apa orang mengerikan," bukan "apa pelatihan yang mengerikan." Kesalahan ini begitu umum bahwa pada tahun 1977 Lee Ross memutuskan untuk nama itu "kesalahan atribusi fundamental": kita atribut perilaku orang dengan kepribadian mereka, bukan situasi mereka 4.
Mengubah Situasi
Kami alami reaksi ketika sekrup seseorang adalah untuk mendapatkan marah pada mereka.Inilah yang terjadi di pabrik GM lama: pekerja akan membuat kesalahan dan manajemen akan berteriak dan menjerit. Jika diminta untuk menjelaskan berteriak, mereka mungkin akan mengatakan bahwa karena orang tidak suka mendapatkan berteriak, itu akan mengajar mereka lebih berhati-hati waktu berikutnya.
Namun penjelasan ini tidak benar-benar menambahkan. Apakah Anda pikir para pekerja menyukai mengacaukan? Apakah Anda pikir mereka menikmati membuat mobil jelek? Nah, kita tidak perlu berspekulasi: kita tahu para pekerja yang sama, ketika diberi kesempatan untuk melakukan pekerjaan yang baik, bangga di dalamnya dan mulai benar-benar menikmati pekerjaan mereka.
Mereka sama seperti Anda, ketika Anda mencoba untuk latihan tetapi gagal. Apakah itu membantu untuk memiliki teman Anda hanya berteriak dan berteriak pada Anda untuk menjadi seperti pecundang malas? Mungkin tidak-mungkin akan hanya membuat Anda merasa lebih buruk. Apa yang bekerja tidak berteriak, tetapi mengubah sistem di sekitar Anda sehingga lebih mudah untuk melakukan apa yang sudah Anda ingin lakukan.
Hal yang sama berlaku untuk orang lain. Kemungkinannya adalah, mereka tidak ingin mengganggu Anda, mereka tidak suka mengacaukan. Jadi apa yang akan bekerja tidak berteriak pada mereka, tetapi mencari tahu bagaimana untuk mengubah situasi. Kadang-kadang itu berarti mengubah bagaimana Anda berperilaku. Kadang-kadang itu berarti membawa orang lain ke dalam campuran. Dan kadang-kadang itu hanya berarti hal-hal sederhana, seperti mengubah cara hal-hal yang ditata atau memasang pengingat.
Di pabrik GM tua, di Fremont, pekerja terus-menerus mengacaukan segalanya: "mobil dengan mesin dimasukkan ke dalam mundur, mobil tanpa roda kemudi atau rem Beberapa begitu kacau mereka tidak akan mulai, dan harus ditarik dari garis. . " Manajemen akan berteriak pada para pekerja, tapi apa yang bisa Anda lakukan? Hal-hal yang bergerak begitu cepat."Sebuah mobil sebentar tidak tampak seperti itu bergerak semakin cepat itu," kata seorang pekerja, "tetapi ketika Anda tidak mendapatkannya, Anda berada di lubang ada orang untuk menarik Anda keluar di General Motors, sehingga Anda." kembali akan membiarkan sesuatu pergi. "
Di pabrik Toyota, mereka tidak hanya membiarkan hal-hal pergi. Ada kabel merah berjalan di atas jalur perakitan, yang dikenal sebagai kabel andon, dan jika Anda pernah menemukan diri Anda dalam lubang, semua Anda harus lakukan adalah menariknya, dan seluruh baris akan berhenti. Manajemen akan datang dan meminta Anda bagaimana mereka bisa membantu, jika ada cara mereka bisa memperbaiki masalah. Dan mereka benar-benar mendengarkan-dan melakukannya!
Anda melihat hasil seluruh pabrik: tikar dan bantal untuk para pekerja untuk berlutut pada; rak gantung bepergian bersama dengan mobil, membawa bagian, alat khusus diciptakan khusus untuk memecahkan masalah para pekerja telah diidentifikasi. Hal-hal kecil yang ditambahkan untuk membuat perbedaan besar.
Ketika Anda marah dengan seseorang, semua yang Anda ingin lakukan adalah mengubah cara mereka bertindak. Tetapi Anda tidak dapat mengendalikan apa yang ada di dalam kepala seseorang. Berteriak pada mereka tidak akan membuat mereka datang sekitar, itu hanya akan membuat mereka lebih menantang, seperti pekerja GM yang mengetik mobil yang mereka buat.
Tidak, Anda tidak bisa memaksa orang lain untuk berubah. Anda bisa, bagaimanapun, mengubah hal-hal lain. Dan biasanya, itu sudah cukup.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan anda berkomentar...asal tetap dalam koridor yang santun